HOME SKRIPSI MAKALAH SOFTWARE NUPTK NISN FACEBOOK MUSIK

Meningkatkan Minat Belajar Siswa

USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL QUR’AN
DI MI MATHLAUL ANWAR BOGOR

A. Latar Belakang Masalah
Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang sempurna, dan sebagai pedoman umat manusia, untuk membangun dirinya serta mengelola alam semesta beserta isinya. Apabila umat manusia mau berpedoman pada kitab Al-Quran, maka akan terhindar dari kejenuhan, kerusakan, dan kehancuran.
Al-Quran mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dan berfugsi multiguna bagi umat manusia. Tidak hanya untuk obat penenang kegelisahan dalam diri manusia atau mengandung seni baca, tetapi Al-Quran juga sebagai petunjuk dari Allah yang semperna. Dengan Al-Quran manusia dapat menciptakan lingkungan yang damai, lestari, makmur, dan sejahtera lahir maupun batin.
Berdirinya TKA-TPA bertujuan untuk menyiapkan anak didiknya menjadi generasi yang Qur’ani, yaitu generasi yang mencintai Al-Quran dan menjadikan sebagai bacaan serta pandangan hidupnya. Belajar Al-Quran terkait dengan judul penelitian ini yang dimaksudkan adalah terbatas pada sekedar peserta didik dapat membaca Al-Quran, dengan lancar dan benar menurut ilmu tajwid, dan juga dapat menyalin dengan benar dan rapi. Mengenai materi pelajaran yang diajarkan adalah bacaan-bacaan suratpendek dan surat-surat dalam juz’amma dan juga bacaan dalam buku iqra’klasikal.
Menurut Undang-undang No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional, Bab X, pasal 37, ayat 1, dijelaskan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan agama. Ini berarti siswa-siswa Sekolah Dasar harus sudah diberikan materi pelajaran Al-Quran, sebab materi tersebut merupakan salah satu bagian dari tema sentral dari mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Adanya TKA-TPA memang sangat membantu mengatasi pendidikan agama pada anak, khususnya tentang baca tulis Al-Quran. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan oleh guru agama maupun orang tua siswa adalah membangkitkan minat belajar agama. Pada anak khususnya tentang baca tulis Al- Quran.Yang mendorong penulis meneliti di MI Mathlaul Anwar Bogor tentang usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran adalah, bahwa MI Mathlaul Anwar Bogor termasuk salah satu sekolah yang jauh dari lembaga Pendidikan Islam yang menunjang proses pembelajaran Al-Quran, misalnya TKA-TPA, Madrasah Diniyah, dan sebagainya.
Di samping itu ada kondisi peserta didik yang pasif dalam proses pembelajaran Al-Quran, kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, perkembangan belajar lambat, tidak mau mengulangi materi pelajaran dirumah dan sedikit peserta didik yang mengikuti pembelajaran Al-Quran di TPA. Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut, maka bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam MI Mathlaul Anwar Bogor layak untuk diteliti.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas, dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di MI Mathlaul Anwar Bogor?
2. Bagaimana usaha guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran di MI Mathlaul Anwar Bogor ?
3. Bagaimana hasil yang dicapai guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran di MI Mathlaul Anwar Bogor?
C. Alasan Pemilihan Judul
Alasan yang mendasasri pemilihan judul di atas adalah adanya dampak negatif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi antara lain berpengaruh terhadap menurunnya minat siswa khususnya dalam mempelajari Al-Quran. Kebanyakan para siswa Sekolah Dasar sekarang kurang berminat untuk mempelajari Al-Quran, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui seberapa besar minat belajar Al-Quran siswa di MI Mathlaul Anwar Bogor.
Guru PAI sebagai salah satu pendorong minat belajar bagi anak didik, peran guru agama sangat penting dalam membangkitkan minat belajar siswa terutama dalam belajar Al-Quran. Sepengetahuan penulis belum ada penelitian tentang usaha guru PAIdalam mengingkatkan minat belajar Al-Quran di MI Mathlaul Anwar Bogor tahun pelajaran 2008 / 2009.
D. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Quran.
b. Untuk mengetahui usaha guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran.
c. Untuk mengetahui hasil yang dicapai guru PAI dalam usaha meningkatkan minat belajar Al-Quran.
E. Kegunaan Penelitian
a. Memberikan masukan kepada MI Mathlaul Anwar Bogor dalam upaya meningkatkan mutu belajar Al-Quran.
b. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan minat belajar Al-Quran.
c. Memberikan masukan kepada praktisi pendidikan dalam merekontruksi konsep menumbuhkan minat belajar Al-Quran.dia berfungsi sebagai pengganti orang tua waktu di sekolah.

1 komentar:

azka qolbie mengatakan...

bagus nie bt bahan skripsi....thank's yaaaa

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger